Salam Hafiland – hari ini
selasa 3 juli 2013 saya mendapat Surat Tanda Bukti VerVal NUPTK Lv.1 dari admin
sekolah yang isinya seperti berikut :
“ … Dengan diterbitkannya
Surat Tanda Bukti VerVal NUPTK Lv.1 maka BPSDMPK-PMP Kemdikbud menyatakan bahwa
status NUPTK diaktifkan sementara, agar status NUPTK menjadi PERMANEN AKTIF
(Verval Level 2) pada periode 2013 harus melakukan proses lanjutan sesuai urutan
berikut :
1.
Melengkapi Formulir Isian EDS PTK secara
online
2.
Melengkapi data rinci NUPTK secara
online
3.
Mencetak lembar pengajuan Verval Level 2
4.
Menerima Cetak Tanda Bukti VerVal NUPTK
Level 2 (Final) dari admin sekolah
Seluruh proses tersebut
dilaksanakan secara mandiri melalui internet (online) oleh PTK bersangkutan
menggunakan informasi akun dari surat tanda bukti verval level 1 yang diberikan
oleh admin sekolah terdapat User ID dan Kode Aktivasi untuk login.
Proses aktivasi mandiri
online dilakukan melalui alamat http://PADAMU.SIAP.WEB.ID.
Jadwal Verval NUPTK level 2 dapat dilakukan mulai tanggal 17 juni 2013.
Untuk informasi dan
panduan selengkapnya dapat diakses di http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/padamu
Jika terjadi kendala
dapat menghubungi admin SIAP PADAMU LPMP setempat atau email ke padamu@kemdikbud.go.id …)
Berikut ini gambar
surat Surat Tanda Bukti VerVal NUPTK Lv.1 yang saya terima.
Setelah menerima Surat
Tanda Bukti VerVal NUPTK Lv.1 siang harinya saya langsung online untuk
mengikuti langkah-langkah yang diberikan dan tentunya agar NUPTK saya Aktif
Permanen di tahun 2013 ini.
Dibawah ini saya bagikan langkah-langkah yang saya kerjakan seperti berikut :
Buka
situs Padamu Negeri, di padamu.kemdikbud.go.id atau Link Alternatif Padamu Negeri http://118.98.222.83/
Pilih
menu Login, maka akan dialihkan ke alamat http://padamu.siap.web.id/
kemudian pilih tombol Login / Aktivasi Akun bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
kemudian pilih tombol Login / Aktivasi Akun bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Pilih
dan klik Aktivasi Akun PTK, maka akan menuju halaman aktivasi PTK di
http://aktivasi.siap.web.id/ptk
Masukkan
UserID/NUPTK/PegID dan Kode Aktivasi yang terdapat pada lembar surat tanda
bukti verval level 1, lalu klik tombol Lanjut...Jika berhasil masuk, maka akan
menuju halaman yang berisi data pribadi anda yang telah diisi oleh operator
sekolah.
Baca dan lihat dulu profil data anda mulai dari nama, tanggal lahir, tempat tugas, dan NUPTK, jika ada kesalahan harap menghubungi Operator Sekolah untuk diperbaiki datanya termasuk data pembuatan akun baru...
Baca dan lihat dulu profil data anda mulai dari nama, tanggal lahir, tempat tugas, dan NUPTK, jika ada kesalahan harap menghubungi Operator Sekolah untuk diperbaiki datanya termasuk data pembuatan akun baru...
Pada
lembar di atas, diharapkan agar berhati-hati dan teliti, karena pada dasarnya
kita akan membuat akun SIAP PADAMU NEGERI yang akan digunakan untuk VerVal
NUPTK. Centang pada "Saya ingin membuat Akun baru", Username sudah
tersedia, biasanya username menggunakan NUPTK, lalu pada kotak Password, isilah
dan buatlah Password baru (terserah, seperti membuat password akun-akun lain) dan
ulangi Password di kotak bawahnya, kalau sudah klik Lanjut...
Pada halaman konfirmasi seperti gambar di atas, kita diberikan kesempatan untuk meneliti Biodata Diri serta Data Login username dan password yang telah dibuat, jika dirasa sudah benar maka klik tombol Simpan...
maka kita sudah melengkapi DATA DASAR (langkah 1 dari 4 langkah aktivasi)
Berikutnya MENGISI ANGKET EDS sejumlah 57 pertanyaan dijawab dengan mengklik pilihan jawaban sesuai pendapat pribadi, untuk kotak pilihan berbentuk bulat harus dipilih hanya salah satu jawaban dan jika kotak pilihan berbentuk persegi maka kita dapat memilih lebih dari 1 (satu) pilihan jawaban, lanjutkan menjawab pertanyaan sampai selesai.
langkah ketiga adalah MENGISI DATA RINCI, disini harap mempersiapkan semua berkas bahan isian seperti berikut:
KTP
Kartu Keluarga (KK)
SK pertama di sekolah Induk
SK pertama PNS
SK terakhir PNS
Gaji Pokok Terakhir
SK pertama sebagai Guru
Sertifikat Sertifikasi
SK Tugas Tambahan (Wakil Kepala Sekolah dll)
SK PBM semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2012/2013
Ijazah SD
Ijazah Terakhir (Perti dll)
Jika sudah melakukan aktivasi dan membuat akun PTK selanjutnya anda dapat melakukan login di http://padamu.siap.web.id/, cara login PTK adalah sebagai berikut...
Buka
situs Padamu Negeri atau langsung ke halaman login di
http://padamu.siap.web.id/
kemudian pilih dan klik Login PTK maka akan menuju ke halaman Padamu di https://paspor.siap-online.com/cas/login?&service=http://padamu.siap.web.id/login
kemudian pilih dan klik Login PTK maka akan menuju ke halaman Padamu di https://paspor.siap-online.com/cas/login?&service=http://padamu.siap.web.id/login
Masukkan
SIAP ID atau NUPTK dan masukkan password yang sudah dibuat saat aktivasi akun
PTK sebelumnya, kemudian klik login...maka akan menuju halaman PTK - SIAP
Padamu Negeri.
Kalau sudah berhasil
masuk di SIAP Padamu Negeri, disinilah VerVal NUPTK 2013 tahap selanjutnya
dilakukan sampai akhirnya NUPTK anda dinyatakan Permanen Aktif dan Resmi
Terdaftar di BPSDMPK-PMP di tahun 2013.
langkah ke-empat (terakhir) Mencetak klik pada selesaikan di point 4 verifikasi data anda, saat saya mau mencetak ternyata muncul pernyataan seperti gambar berikut:
akhirnya saya harus menunggu hingga tanggal 8 juli 2013 baru bisa mencetak hasil verval level 2 untuk diserahkan ke operator sekolah, tapi walaupun demikian saya sudah lega karena tahap 1 s/d tahap 3 sudah saya kerjakan.
Semoga Bermanfaat, Salam Hafiland
selamat malam,
BalasHapusmohon informasi&petunjuknya
saya sudah aktivasi akun PTK, namun di sebelah kiri hanya ada 2 pilihan, yaitu :
* mengisi data rinci
* verifikasi data anda
tidak ada *mengisi angket EDS seperti yg bapak lakukan
akhirnya saya isi data rinci tsb sampai selesai sampai muncul "cetak tanda bukti", namun sayangnya tidak bisa tercetak, selalu kembali ke halaman awal ketika akan mengisi Data Rinci
bagaimana solusinya ya pak?
mohon bantuannya. terima kasih
selamat malam juga ibu/bapak,
Hapusmasalah tidak ada *mengisi angket EDS kemungkinannya adalah data ibu dianggap sebagai "Tenaga Pendidik" bukan "Tenaga Kependidikan (guru)"
#solusi silahkan konfirmasi kembali ke operator sekolah.
masalah tidak bisa tercetak kemungkinannya adalah Versi program Flash di komputer masih belum diupdate ke versi terbaru sehingga tombol "cetak" tidak berfungsi
#solusi silahkan update program Flash Player komputer
Demikian yang dapat saya informasikan saat ini, semoga membantu.
Terima Kasih telah berkunjung.
Salam Persaudaraan
Assalamu'alaikum.....
BalasHapusmohon bantuannya pak....
saya kepsek sudah print out surat tanda bukti verval nuptk LV. 1
masalahnya ketika KLIK isi angket EDS tidak muncul apa apa warning juga tdk ada.....mungkin ada kesalahan, mohon petunjuknya n solusinya gmn pak...... terimakasih sebelumnya
Assalamu alaikum..
BalasHapusMohon solusinya pak...
saya telah prin out surattanda bukti verval NUPTK LV. 1
masalahnya. ketika KLIK isi angket tidak muncul apa apa /tidak ada perubahan apa apa warning juga tdk ada, .... mungkin ada kesalahan atau kurang lengkap.. mohon maaf bagaimana solusinya pak, (saya belum tau dimana kesalahannya) terimakasih sebelumnya
wkmsalam..
Hapus- kepsek bisa isi EDS kalau semua PTK (100%) sudah selesai isi EDS
- kepsek bisa verval level 2 kalau semua PTK (100%) sudah bintang 4
kalau syarat itu sudah dipenuhi tapi tetap tidak bisa, coba refresh browser, atau logout kemudian login ulang
semoga cepat selesai vervalnya karena mendekati limit verval tanggal 30 September 2013
ada beberapa kasus dari pertanyaan yang saya posting di sini pak, mungkin membantu :
http://ptk-sekayamraya.blogspot.com/2013/09/solusi-pertanyaan-yang-sering-muncul.html